PEMASARAN
Pengertian
Pemasaran (bahasa Inggris: marketing) adalah proses penyusunan komunikasi terpadu yang
bertujuan untuk memberikan informasi
mengenai barang atau jasa dalam kaitannya dengan memuaskan
kebutuhan dan keinginan manusia
Konsep Pemasaran
Pemasaran merupakan faktor
penting untuk mencapai sukses bagi perusahaan akan mengetahui adanya cara dan
falsafah yang terlibat didalamnya. Cara dan falsafah baru ini disebut konsep
pemasaran (marketing concept). Konsep pemasaran tersebut dibuat dengan
menggunakan tiga faktor dasar yaitu:
1. Saluran perencanaan dan kegiatan perusahaan harus
berorientasi pada konsumen/ pasar.
2. Volume penjualan yang menguntungkan harus menjadi
tujuan perusahaan, dan bukannya volume untuk kepentingan volume itu sendiri.
3. Seluruh kegiatan pemasaran dalam perusahaan harus
dikoordinasikan dan diintegrasikan secara organisasi.
Konsep-konsep inti pemasaran meluputi: kebutuhan,
keinginan, permintaan, produksi, utilitas, nilai dan kepuasan; pertukaran,
transaksi dan hubungan pasar, pemasaran dan pasar. Kebutuhan adalah suatu
keadaan dirasakannya ketiadaan kepuasan dasar tertentu. Keinginan adalah
kehendak yang kuat akan pemuas yang spesifik terhadap kebutuhan-kebutuhan yang
lebih mendalam. Sedangkan Permintaan adalah keinginan akan produk yang spesifik
yang didukung dengan kemampuan dan kesediaan untuk membelinya.
Manajemen Pemasaran
Manajemen Pemasaran adalah penganalisaan,
perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan program-program yang bertujuan
menimbulkan pertukaran dengan pasar yang dituju dengan maksud untuk mencapai
tujuan perusahaan (Kotler, 1980).
Bauran Pemasaran
Bauran
pemasaran atau biasa juga disebut dengan marketing mix, merupakan strategi
dasar manajemen pemasaran yang ditetapkan oleh perusahaan dalam memasarkan
produknya. Bauran pemasaran ini terdiri dari 4 macam yang biasa disingkat
dengan 4P, yaitu Product, Price, Place, dan Promotion.
- Product mengacu pada value, bagaimana produk tersebut memenuhi kebutuhan konsumen, serta penanganan kualitasnya
- Place mengacu pada tempat produk tersebut dipasarkan.
- Promotion, merupakan konsep bauran pemasaran yang terakhir mengacu pada cara mempromosikan produk tersebut agar diterima konsumen.
Tujuan Pemasran
Tujuan utama konsep pemasaran adalah melayani
konsumen dengan mendapatkan sejumlah laba, atau dapat diartikan sebagai
perbandingan antara penghasilan dengan biaya yang layak.
Ref:
No comments:
Post a Comment