Thursday 3 October 2013

RUANG LINGKUP BISNIS


PENGERTIAN BISNIS DAN JENISNYA 

   Bisnis dalam arti luas adalah istilah umum yang menggambarkan semua aktifitas dan institusi yang memproduksi barang & jasa dalam kehidupan sehari-hari. Bisnis berasal dari kata dasar busy yang berarti sibuk. Sibuk di sini dalam artian sibuk dalam melakukan kegiatan jual beli dalam mencari laba atau keuntungan.

Bisnis merupakan suatu organisasi yang menyediakan barang atau jasa yang bertujuan untuk mendapatkan keuntungan [Griffin & Ebert].

Beberapa Jenis Bisnis yaitu :

Monopsoni
Monopsoni, adalah keadaan dimana satu pelaku usaha menguasai penerimaan pasokan atau menjadi pembeli tunggal atas barang dan jasa dalam suatu pasar komoditas.
Oligopoli
Pasar oligopoli adalah adalah pasar di mana penawaran satu jenis barang dikuasai oleh beberapa perusahaan.
Oligopsoni
Oligopsoni, adalah keadaan dimana dua atau lebih pelaku usaha menguasai penerimaan pasokan atau menjadi pembeli tunggal atas barang dan/atau jasa dalam suatu pasar komoditas.
Monopoli
Pasar monopoli (dari bahasa Yunani: monos, satu + polein, menjual) adalah suatu bentuk pasar di mana hanya terdapat satu penjual yang menguasai pasar.

Tujuan Kebijakan Bisnis

   Kebijaksanaan atau langkah-langkah tersebut bila dibaca dalam suasana dan kondisi normal merupakan langkah dan kebijaksanaan yang tidak lazim dilakukan oleh otoritas fiskal.  Karena ketidak laziman itu maka wajarlah bila timbul tanda tanya, mengapa otoritas fiskal perlu menjalankan peranan yang demikian besar. Lebih-lebih, karena semua upaya itu pada gilirannya membawa beban besar yang harus dipikul oleh APBN.

Sistem Perekonomian dan Sistem Pasar

Jenis-jenis sistem perekonomian :

1.      Sistem ekonomi tradisional
    Merupakan sistem ekonomi yang diterapkan dengan keadaanya yang tradisional. Sesuai dengan keadaannya yang tradisional, corak perekonomiannya pun bersifat tradisional. System perekonomian ini masih pekat dengan unsure budaya dan adat setempat.
2.      Sistem ekonomi komando
    Biasa dissebut sistem ekonomi pusat/perencanaan, peran pemerintah sangat dominan. Sedangkan peran masyarakat atau pihak swasta sangat kecil. System ini mengandung unsur APA, BAGAIMANA, SIAPA.
3.      Sistem ekonomi pasar
     Merupakan kebalikan dari sistem ekonomi komando. Pada sistem ekonmi psar kegiatan ekonomi produksi, distribusi, dan konsumsi dilakukan oleh pihak swasta.
4.      Sistem ekonomi campuran
    Dalam sistem ekonomi campuran pemerintah dan swasta (masyarakat) saling berinteraksi dalam memcahkan masalah ekonomi.

Kesempatan Bisnis / Usaha

   Dalam bisnis, seorang pembisnis sejati harus pandai melihat situasi dan kondisi, peluang sekecil apapun jangan pernah di sia siakan. Karna dari yang kecil itulah lambat laun akan menjadi besar. Kita dapat reset sendiri apa yang di butuhkan oleh masyarakat. Dan seorang pembisnis sejati harus pandai melihat tempat strategis. 

Unsur-Unsur Penting Dalam Aktifitas Ekonomi
  • Keinginan manusia : semuanya berawal dari hati
  • Sumber-sumber daya baik SDA ataupun SDM : Sumber disini bisa berarti menjadi modal atau sebagai investasi.
  • Pengetahuan yang luas : jika ingin berusaha khususnya dalam bidang ekonomi kita memerlukan setidaknya sedikit ilmu tentang ekonomi agar kita tidak kalah saing dengan yg lain.
  • Mitra ataupun kolega : kalo kita tidak mempunyai mitra ataupun yg biasa disebut dgn kerabat aktivitas kita tidak akan maju dan tidak akan dapat berkembang karena tidak memiliki pendapat atupun masukan.

Hakikat Bisnis
   
   Bahwa dalam bisnis itu ada pertukaran produk dan uang, singkat kata terjadi jual beli. Jadi sebuah bisnis, dikatakan real sebuah bisnis, jika ada proses ini. bahwa bisnis sesungguhnya adalah membantu memberikan nilai tambah dan nilai manfaat yang kita miliki untuk menolong orang lain memecahkan persoalan yang dihadapinya. Dan pastinya saling menguntungkan bagi kedua pihaknya.

Mengapa Harus Belajar Bisnis
   
   Sebagai mahasiswa jurusan ekonomi yg memang selalu berhubungan dengan bisnis ya tentu saja wajib mempelajarinya karena bisnis adalah kegiatan yg sangat menguntungkan yang banyak dilakukan oleh hampir seluruh manusia dimuka bumi ini sampai akhir dunia.


Reff :

Re

No comments:

Post a Comment