Saturday 7 June 2014

PERTUMBUHAN EKONOMI


PENGERTIAN

Pertumbuhan secara singkat adalah sebagai proses kenaikan output per kapita dalam jangka panjang. Dalam pengertian itu terdapat tiga aspek yang perlu digaris bawahi, yaitu proses, output per kapita, dan jangka panjang. proses, berarti bahwa pertumbuhan ekonomi bukan gambaran perekonomian pada suatu saat. output per kapita, berarti harus memperhatikan dua hal, yaitu output total (GDP) dan jumlah penduduk, karena output per kapita adalah output total dibagi dengan jumlah penduduk. Aspek jangka panjang, mengandung arti bahwa kenaikan output per kapita harus dilihat dalam kurun waktu yang cukup lama (puluhan tahun).
Di dalam Garis Besar Haluan Negara (GBHN), dinyatakan secara eksplisit bahwa pembangunan ekonomi merupakan salah satu bagian penting dari pembangunan nasional dengan tujuan utama untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Pertumbuhan ekonomi merupakan tolak ukur keberhasilan pembangunan ekonomi pada negara yang bersangkutan.

Cara Menghitung Pertumbuhan Ekonomi

Laju pertumbuhan ekonomi suatu bangsa dapat diukur dengan menggunakan laju pertumbuhan PDRB Atas Dasar Harga Konstan (ADHK).Berikut ini adalah rumus untuk menghitung tingkat pertumbuhan ekonomi (Sukirno, 2007):









Keterangan :
G          = Laju pertumbuhan ekonomi
PDRB1  = PDRB ADHK pada suatu tahun
PDRB0  = PDRB ADHK pada tahun sebelumnya






Faktor-faktor Pertumbuhan Ekonomi
Faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan ekonomi adalah:

· Faktor Sumber Daya Manusia
· Faktor Sumber Daya Alam
· Faktor Ilmu Pengetahuan dan Teknologi
· Faktor Budaya
· Sumber Daya Modal




Ref :









No comments:

Post a Comment