Tuesday 22 April 2014

Laju Pertumbuhan Penduduk



Laju pertumbuhan penduduk adalah perubahan jumlah penduduk di suatu wilayah tertentu setiap tahunnya. Kegunaannya adalah memprediksi jumlah penduduk suatu wilayah di masa yang akan datang. Pertumbuhan penduduk yang besar dari tahun ke tahun ini memerlukan tambahan investasi dan sarana untuk mendukung kesejahteraan rakyat seperti sarana pendidikan, kesehatan, perekonomian dan lain sebagai lainnya. Hal ini tentu saja merupakan masalah bagi pemerintah dalam usahanya membangun dan meningkatkan taraf hidup rakyatnya demi untuk menuju masyarakat yang sesuai dengan isi UUD 1945.


Rumus laju pertumbuhan penduduk eksponensial adalah sebagai berikut.


https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEihI1YEzsJ-gNuHLOID7TZeMK2OGu3VfQqt2gGBvlZ14yKfS7mW7LbMV_mnJyAV6gpPNOqJyBk2Jx8fnU-0OfxqBOIBmUb2gMSEjla2VB_iPZv8FJqtwkjjRMYJk8AhpR2f3Lvlwa_jKmYB/s1600/pertumbuhan+penduduk+eksponensial.png



Atau




https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhs1FkwsKHStayy0_mtYEti46Oveuop1TmBVWbDg2L2R5B5IH4sL0Q0yD2pEt5nyG-zNcSv2oBAyiuuV-lcXB2BPqZPelpKJTQacCT3imdwvqIhWEYqxx5Cdy8yPC3lEn7rwDIzIJWJeyf7/s1600/laju+pertumbuhan+penduduk+eksponensial.png






Keterangan:


Pt = Jumlah penduduk pada tahun t


Po = Jumlah penduduk pada tahun dasar


t = jangka waktu


r = laju pertumbuhan penduduk


e = bilangan eksponensial yang besarnya 2,718281828





Jika nilai r > 0, artinya terjadi pertumbuhan penduduk yang positif, Jika r < 0, artinya pertumbuhan penduduk negative, Jika r = 0, artinya tidak terjadi perubahan jumlah penduduk dari tahun sebelumnya.


Laju pertumbuhan penduduk adalah angka yang menunjukkan banyak atau sedikitnya pertumbuhan penduduk tiap tahun dalam kurun waktu tertentu, umumnya 10 tahun. Indonesia merupakan negara yang memiliki laju pertumbuhan yang tinggi. Adapun tindakan yang telah dan dapat dilakukan oleh pemerintah dalam mengontrol laju pertumbuhan penduduk adalah:






1. KB (Keluarga Berencana)

Keluarga berencana (disingkat KB) adalah gerakan untuk membentuk keluarga yang sehat dan sejahtera dengan membatasi kelahiran dengan menggunakan alat kontrasepsi. Jumlah anak dalam sebuah keluarga yang dianggap ideal adalah dua. Gerakan ini mulai dicanangkan pada tahun akhir 1970-an.


2. Tingkat penduduk terhadap investasi

Investasi merupakan salah satu faktor yang penting dalam pertumbuhan perekonomian suatu negara. Indonesia sebagai Negara yang memiliki potensi yang besar, dalam hal ini tentunya juga berupaya menarik investor sebanyak-banyaknya.






3. Meningkatkan sumber daya manusia yang telah ada

Dapat dilakukan dengan pendidikan formal maupun informal, sehingga dapat menunjang peningkatan produktifitas guna mengimbangi laju pertumbuhan penduduknya.










Reff:



No comments:

Post a Comment