Monday 27 April 2015

Mengenal Akuntansi


Akuntansi adalah seni untuk mencatat, mengklasifikasi, mengolah dan menyajikan data, transaksi serta kejadian yang berhubungan dengan keuangan sehingga dapat digunakan oleh orang yang menggunakannya dengan mudah dimengerti untuk pengambilan suatu keputusan serta tujuan lainnya. Karena akuntansi merupkan seni maka tidak heran jika banyak metode yang di gunakan untuk mengolah data, walaupun berbeda tetapi hasil akhirnya akan tetap sama.
Fungsi utama akuntansi adalah sebagai informasi keuangan suatu organisasi atau perusahaan. Dari laporan akuntansi kita bisa melihat posisi keuangan sutu organisasi beserta perubahan yang terjadi di dalamnya. Orang yang membutuhkan informasi ini seperti manager, direktur, investor, bank, pemerintah, dll
Didalam kasus akuntansi umunya terdapat 3 jenis perushaan yaitu perusahaan jasa, dagang dan manufacture. Ada pula tahap tahap dalam pencatatan di mulai dari bukti transaksi, di buat jurnal umum, lalu di buat buku besar, setelah itu ada neraca saldo, lalu ada penyesuaian, stelah di buat penyesuaian lalu masuk ke neraca saldo setelah di sesuaikan,  lalu buat laporan keuangan, setelah itu junarl penutup lalu junral pembalik.
Untuk membuat jurnal jurnal tersebut kita perlu memahami penempatan saldo normal pada akun akun tersebut. Akun utama yang perlu kalian ketahui ada 5 yaitu :
Asset (Harta)
Liabilities (Kewajiban)
Capital (Modal)
Revenues (Pendapatan)
Expense (Beban / Biaya)
Dari 5 akun utama ini akan timbul akun akun lain, di namakan anak anak dari akun tersebut. Cara mudah menghafal 5 akun tersebut beserta saldo normalnya dengan menggunakan bantuan jari kita. Seperti ini :
Asset (Harta)                                     =             Ibu jari (Jempol)
Liabilities (Kewajiban)                     =             Telunjuk
Capital (Modal)                                 =             Jari tengah
Revenues (Pendapatan)                     =             Jari manis
Expense (Beban / Biaya)                   =             Kelingking
Yang perlu di ingat bahwa ibu jari (jempol) dan kelingking jika bertambah saldo normal di debit, lalu 3 jari yang lain seperti telunjuk, jari tengah, dan jari manis jika bertambah saldo normal ada di kredit. Dengan cara ini akan memudahkan kalian para pemula membuat laporan akuntansi dengan akun akun.
                Sekian pengenalan tentang akuntansi yang saya tuliskan, semoga dapat bermanfaat dan mudah di pahami oleh pembaca. Ikuti terus artikel artikel yang lainnya di rakaaldiwanto.blogspot.com

No comments:

Post a Comment