Thursday 11 June 2015

10 Tips Mengatasi Nervous Saat Mengajar


Secara umum saat pertama kali mengajar pasti setiap orang pernah mengalami rasa gugup atau nervous untuk tampil di depan umum. Banyak fakor yang menyebabkan seseorang merasa nervous atau gugup salah satunya adalah tidak percaya diri. Kali ini penulis akan berbagi tips agar tidak nervous atau gugup saat di depan umum terutama saat  mengajar.
Pengalaman saya saat pertama kali mengajar di salah satu universitas swasta di Indonesia sebagai asisten, saya merasakan gugup atau nervous, tangan saya menjadi dingin, kaki gemetar, badan keringat dingin, dan perasaan panik menghantui pikiran saya, jika saya biarkan maka otomatis bahan yang sudah saya siapkan untuk mengajar akan berantakan tidak sesuai rencana. Berikut adalah tips mengatasi gugup yang saya lakukan saat ingin mengajar :
1.      Siapkan bahan materi untuk mengajar.
2.      Kuasai materi yang ingin di ajarkan.
3.      Buatlah catatan kecil dari point point yang ingin di ajarkan kepada mahasiswa/i.
4.      Usahakan berpenampilan rapih dan wangi.
5.      Berdoalan sebelum mengajar.
6.      Saat sudah di depan kelas atau di depan umum, anggaplah diri kita adalah seseorang yang paling keren dan cakep. Sehingga mahasiswa/I memusatkan perhatian kepada kita.
7.      Asumsikan bahwa diri kita adalah orang yang paling pandai/ pintar di dalam ruang kelas atau lingkungan tersebut.
8.      Ajaklah mahasiswa berkomunikasi dengan sedikit sisipkan candaan agar membuat suasana menjadi mencair sehingga tidak terlalu tegang.
9.      Posisikan diri kita sebagai teman bagi mahasiswa/I sehingga mereka tidak ragu bertanya kepada kita.
10.  Berwibawalah saat di depan kelas sehingga walaupun mahsiswa/I menganggap diri kita teman mereka tetapi mereka akan tetap menghargai kita.

Sekian tips dari saya semoga bermanfaat bagi pembaca dan bagi penulis. Terimakasih sudah membaca.

No comments:

Post a Comment