Thursday 11 June 2015

10 Top Tips Mudik Lebaran Dengan Aman dan Nyaman



Bagi umat islam mudik atau puang kampung adalah moment penting saat lebaran karena akan bersilahturahmi bersama sanak saudra yang sudah lama tidak di jumpai, oleh karena itu mendekati hari raya Idul Fitri pastilah mereka akan sibuk mempersiapkan segala sesuatunya untuk mudik. Kali ini penulis akan membagi tips yang harus dan wajib kalian sipkan untuk mudik bersama keluarga tercinta. Agar mudik anda aman dan selamat samai tujuan bacalah tips berikut :

1.       Persiapkan kondisi tubuh/badan anda agar fit dan sehat sebelum melakukan perjalanan minimal 4 hari sebelum jalan mudik. Istirahatlah yang cukup dan makan yang teratur serta olahraga. Agar tubuh anda sehat jasmani dan rohani.
2.       Selain tubuh, kendaraan yang akan anda pakai juga perlu di siapkan agar tidak terjadi hal hal yang tidak di inginka selama perjalanan. Service lah kendaraan anda dan cek lah semua kondisi kendaraan anda, jika ada yang rusak maka segeralah di brtulkan. Cek kondisi kampas rem, oli rem, dan kondisi ban anda, jika ban botak maka di sarankn agar mengganti ban anda jika bias ban tubles agar tidak merepotkan saat tiba tiba terkena paku di jalan.
3.       Bawalah pakaian dan barang barang secukupnya agar tidak terlalu memakan tempat di kendraan anda. Jika menggunakan kendaraan roda dua di sarankan agar berpenumpang 2 orang dan jangan membawa barag berlebihan sekiranya 2 tas sudah cukup. Pakailah helm sni dan jaket seta celana panjang.
4.       Persiapkan no tlp penting dari jauh jauh hari dan simpanlah di hp anda atau catat di kertas agar sewaktu waktu di butuhkan di jalan anda dapat langsung menghubunginya. Contohnya seperti no tlp kantor polisi, jasamarga, dll
5.       Jika anda mempunyai penyakit khusus bawalah obat obatan secukupnya agar jika penyakit anda kambuh anda dapat langsung menanganinya.
6.       Bawalah uang cash secukupnya jangan terlalu berlebihan dan jagan pula terlalu kekurangan. Agar dapat mengantisipasi tindak kejahatan.
7.       Siapkan alat komunikasi yang memadai, sipakan pula gps atau peta mudik, jangan lupa untuk menyiapkan chargeran handphone di mobil agar sewaktu waktu habis daya dapat langsung di charge.
8.       Bawalah makanan ringan dan berat dari rumah untuk bekal di jalan, usahakan agar tidak jajan di jalan, jika harus jajan di jalan usahakan tidak di sembarag tempat, carilah tempat tempat yang sekiranya memadai untuk berjualan.
9.       Carilah informasi jalan mana saja yang sekiranya banyak terjadi tindak kejahatan seperti, pembegalan, perampokan, gendam, penjarahan, bajing loncat dll. Usahakan jika harus melewati jalan yang rawan terjadi tindak kejahatan tersebut agar melintas di siang hari, jika harus malam hari usahakan kendaraan anda beriring iringan dengan kendaraan pemudik lain. Jikalau sudah terjadi penjarahan maka anda harus mematikan semua lampu di kendaraan anda, usahakan tidak ada cahaya dan berilah uang yag ada di saku baju anda, usahakan agar uang di saku anda tidak banyak sehingga para penjahat tidak tahu berapa jumlah uang tersebut karna tidak terlihat jelas. Sehingga anda dapat bebas dari orang jahat tersebut dengan kehilangan uang yang tidak terlalu banyak. Lebih baik kehilangan uang sedikit dari pada kehilangan nyawa amda toh?
10.   Sesampainya di kampung halaman, pastikan anda beristirahat yang cukup sebelum anda beraktfitas berkeliling menemui sanak saudara yang menanti anda.

Sekian 10 top tips dari penulis, semoga dapat bermanfaat bagi pembaca dan penulis juga. Terimakasih sudah membaca dan selamat mudik semoga selamat sampai tujuan.

1 comment:

  1. makasih tipsnya, buat yang mudik semoga selamat sampai di tujuan.

    http://www.tokoobatku.com/obat-penyakit-batu-ginjal-herbal/

    ReplyDelete